Halaman

Jumat, 15 November 2013

Fakta Tentang Flu



Salah satu penyakit yang paling banyak dikhawatirkan orang saat musim hujan adalah serangan flu. Mereka pun mulai menyiapkan berbagai suplemen untuk mengantisipasinya. Tapi benarkah flu hanya sering menyerang di musim hujan?
Jangan-jangan Anda keliru. Temukan kebenaran mengenai flu sekarang juga. Dan pastikan Anda bebas dari serangannya.

Mitos! Flu lebih sering menyerang di musim hujan
Tidak ada bukti bahwa musim hujan bisa membuat Anda terserang flu. “Virus penyebab flu menyebar melalui kontak, bukan musim,” kata Prof. Ron Eccles,direktur Common Cold Centre di Cardiff University. Dan saat terserang flu, sikat gigi Anda bisa turut membantu atau memperburuk proses penyembuhan. “Virus pada air liur yang terbawa sikat gigi saat menyikat gigi selama sakit, dapat tertinggal dan terus bertahan hidup meskipun Anda telah berusaha membersihkannya,” kata Prof. Eccles. Jadi segera ganti sikat gigi Anda begitu kondisi Anda mulai membaik.



Fakta! Sup ayam adalah obat yang mujarab

Hasil penelitian di University of Nebraska Medical Centre menemukan bahwa sup ayam dapat memicu reaksi perlawanan terhadap flu dengan cara menghambat pergerakan neutrofil. Neutrofil merupakan sel-sel darah putih yang bekerja merangsang pengeluaran lendir atau ingus. Untuk mendapatkan efek antiperadangan, sebaiknya Anda menambahkan bawang putih dan sejumlah sayuran ke dalamnya. 

Fakta! Batuk dan bersin dapat menyebarkan penyakit
Virus flu dapat bertahan selama berhari-hari, bahkan berminggu-minggu di tempat yang mereka hinggapi. Selanjutnya, virus akan dengan mudah berpindah ke orang lain. Jadi sebaiknya Anda menggunakan tissue saat Anda sedang batuk atau bersin, dan segera buang tissue yang telah Anda gunakan. Jika Anda lebih suka menggunakan tangan, segera cuci tangan Anda dengan cairan disinfektan.

Fakta! Suplemen dapat membantu Anda
Penuhi kebutuhan zinc, yang akan membantu tubuh  menyerap vitamin A yang berguna melawan infeksi. Para peneliti dari University of Florida menemukan, mengonsumsi 15mg zinc secara rutin dapat mengurangi durasi flu dari 10 hari menjadi 7 hari pada 73% orang. Selain zinc, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen omega-3 yang akan membantu meningkatkan aktivitas sel phagocyte yang berfungsi menangkal virus flu.



Mitos! Vitamin C adalah pahlawan bagi para penderita flu

Kebanyakan orang akan segera mengonsumsi suplemen vitamin C begitu mulai merasakan gejala flu. Kenyataannya, para peneliti menemukan bahwa itu tak memberikan pengaruh apapun untuk menghentikan laju flu yang menyerang Anda.  

Mitos! Rasa sakit di perut Anda dikarenakan flu perut
Masalah pada saluran pencernaan atau gastroenteritis bisa disebabkan virus, bakteri, parasit dalam makanan yang telah tercemar atau air yang kurang bersih. Virus-virus penyebab gastroenteritis antara lain adalah virus Norwalk dan rotavirus. Sementara penyabab flu adalah rhinovirus. Jadi tidak ada hubungan antara flu dan gastroenteritis.



Mitos! Antibiotik efektif untuk menghentikan flu

Antibiotik bekerja untuk mengatasi infeksi yang disebabkan bakteri. Jadi antibiotik tidak akan bekerja dengan efektif pada flu yang penyebabnya adalah virus. Namun pada beberapa kasus, flu juga bisa memicu terjadinya infeksi telinga. Ini akibat naiknya ingus dan cairan lainnya ke saluran telinga. Semua itu menjadikannya lingkungan yang ideal bagi bertumbuhnya bakteri. Dalam kondisi ini, Anda memerlukan antibiotik untuk membersihkan infeksi bakteri dari tubuh.

Fakta! Hidung tersumbat dapat diatasi dengan saline solution (cairan asin)
Beberapa penelitian menemukan, penggunaan saline solution cukup efektif untuk mengencerkan lendir atau ingus dan menambah cairan pada selaput-selaput lendir yang mengering. Saline solution juga bisa membantu mengeluarkan virus dari hidung.

Mitos! Anda tidak boleh berolahraga saat sedang pilek
Anda boleh saja berolahraga saat sedang pilek. Tapi sebaiknya Anda perhatikan juga obat yang Anda konsumsi. Beberapa obat memiliki efek samping meningkatkan detak jantung, sementara itu olahraga juga akan mempercepat detak jantung. Menggabungkan keduanya bukanlah ide yang bagus karena bisa membuat Anda sesak napas. 

Sumber : menshealth.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar